Kegiatan Mahasiwa

Diposkan oleh agroekoteknologi unitri in





Daftar kegiatan mahasiswa
1.      Kepengurusan Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGROTEK) di bidang ilmiah mahasiswa mengadakan  program kerja dengan pelatihan penulisan proposal program kreativitas mahasiswa dan penulisan artikel ilmiah. Menghadirkan pembicara yang berpengalaman dalam kegiatan PKM maupun karya publikasi ilmiah.
2.      Pendampingan kepada masyarakat saat melaksanakan kegiatan KKN di Kabupaten Blitar. Permasalahan terhadap produksi tanaman yang semakin menurun, kesuburan tanah, hama dan penyakit tanaman, penanganan limbah dengan membuat pupuk organik, dll. Kegiatan penyuluhan tentang topik yang dibutuhkan masyarakat, pendampingan pembuatan demoplot, praktek pembuatan pupuk organik yang langsung diikuti warga di sekitar lokasi KKN. Kegiatan ini bertujuan untuk transfer dan aplikasi teknologi serta membantu memperbaiki pola pemeliharaan tanaman, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil tanaman. Beberapa topik yang dibahas dalam penyuluhan diantaranya permasalahan kesuburan tanah di daerah tropis, faktor-faktor pembatas produksi tanaman, peningkatan produksi tanaman dengan teknologi ramah lingkungan, meningkatkan kesuburan tanah dengan aplikasi pupuk organik, praktek pembuatan pupuk organik cair dan bokasi, pengendalian hama dan penyakit tanaman secara hayati, teknologi biochar/ arang untuk meningkatkan produksi tanaman, perbaikan tanah dengan teknologi biochar, pengelolaan kesuburan tanah dengan pemupukan berimbang, dll.
3.      Pendelegasian mahasiswa pada kegiatan ilmiah di luar kampus. Pendelegasian mahasiswa sesuai dengan bidang keilmuan. Contohnya (a). Pendelegasian mahasiswa pada Forum Mahasiswa Agroteknologi Indonesia (FORMATANI) di FP UPN Surabaya dalam rangka acara Improving Agriculture Participant by Political Capacity Building (seminar nasional,  rapat koordinasi wilayah III dan penghijauan mangrove), (b). Pendelegasian kegiatan “Super Hero Lingkungan” dengan tema “Cintai Ekosistem dengan kreatifitasmu” oleh Ikatan Mahasiswa Agroteknologi (IMAGRO) Univ. Jember, (c). Pendelegasian seminar nasional dan rapat koordinasi wilayah IV Forum Komunikasi dan Kerjasama Himpunan Mahasiswa Agronomi Indonesia di Univ. Trunojoyo tentang Strategi Pengembangan Tanaman Obat di lahan Kering Guna Peningkatan Potensi Wilayah, (d).  Pendelegasian rapat koordinasi wilayah IV Forum Komunikasi dan Kerjasama Himpunan Mahasiswa Agronomi Indonesia di Univ. Sebelas Maret Surakarta tentang Optimalisasi Lahan Kritis dalam rangka Peningkatan Sumber Keragaman Pangan Menuju Ketahanan Pangan Nasional, (e). Peserta musyawarah wilayah III FORMATANI ke-1 di FP Univ. Jember tentang Optimalisasi Langkah Mahasiswa Agroteknologi Wilayah III dalam Mewujudkan Impian Berorganisasi dengan Semangat Nasionalisme. 
4.      Keikutsertaan mahasiswa PS AG pada kegiatan ilmiah seperti seminar nasional, regional, lokal, kuliah tamu, lomba karya tulis ilmiah, lomba karya tulis mahasiswa, serta program kreativitas mahasiswa (PKM). Topik yang berkaitan dengan pengembangan dan aplikasi teknologi di bidang Pertanian yang tepat guna, berwawasan lingkungan dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
5.      Kegiatan magang kerja dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ke berbagai instansi pertanian dan stakeholder. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan kualitas lulusan. Beberapa tempat magang kerja/ PKL diantaranya BALIJESTRO, BALITTAS, BALIKATBI, PT. Sang Hyang Seri (Persero), Yayasan Nusa Organic Farming (Vegori) Cultivation Organic Vegetable, Kelompok Tani Usaha Bersama Desa Wisata Petik sayur Sumberrejo Batu, PT BISI International, Tbk, UPT Materia Medica Batu, Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Sumba Barat daya Tambolaka, Dinas Pertanian tanaman pangan dan Hortikultura Pemprov Kalimantan Barat Pontianak, Pusat Pelatihan Pertanian Dan Pedesaan Swadaya (P4s) Tulung  Karya, dll.
6.      Program kerja HMJ yang mengagendakan kegiatan sebagai berikut pengelolaan lahan dengan tanaman sayuran dan koleksi bibit buah-buahan, kuliah tamu dan seminar nasional dengan tema sesuai bidang ilmu, memberi materi bidang ilmu pada saat DIKLAT HMJ bagi mahasiswa baru.
7.      Keterlibatan dalam Forum Komunikasi dan Konsultasi (FKK). Hasil kerjasama antara UNITRI dengan Kemendikbud tahun 2009. Forum ini di inisiasi oleh  Universitas Tribhuwana Tunggadewi, memuat MITRA strategis UNITRI. Kegiatan yang dilakukan adalah pendampingan penanaman buah naga, keikutsertaan pekan anggrek Malang Raya, Pendampingan Evaluasi Dampak Prgram Pendayagunaan Sumberdaya Alam. PS AG turut berpartisipasi dalam mengikuti pameran anggrek yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Cabang Malang, Universitas Brawijaya, dan Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian. Bahkan melalui acara ini, dapat menjaring dua (2) anggota baru, yaitu “DD Orchid” yang dipimpin oleh Bapak Dedek dengan alamat Dusun Arang-arang, Ds Dadaprejo, Kecamatan Junrejo Batu dan “Murdiana Orchid” pimpinan Bapak Mastur yang beralamat di Jalan Hasanudin Kec Junrejo Batu.  Kedua petani anggrek tersebut merupakan petani pemula yang tertarik bergabung dengan Unitri untuk bertukar pikiran tentang bagaimana pembibitan anggek secara in vitro (kultur jaringan), mempunyai laboratorium kultur jaringan, serta melihat dosen UNITRI ada yang berwirausaha anggrek.
8.      UNITRI telah mengembangkan tanaman buah naga sejak tahun 2003.  Saat ini UNITRI mempunyai kebun buah naga seluas 900 m2 yang terletak di kawasan kampus.  Pengelolaan kebun buah naga langsung dikelola oleh Badan Pembina Pendidikan Bhakti Nusantara selaku Pembina UNITRI.
9.      Kegiatan bakti social berupa sosialisasi dan silaturahmi kepada masyarakat (petani) pada lokasi yang telah ditetapkan agar pendapatan dari usahataninya meningkat. Sedangkan, pada kegiatan kerja bakti berupa kerja gotong royong untuk kebersihan dan keasrian lingkungan sekitar kampus.
10.  Dilakukan pendampingan terhadap permasalahan masyarakat (petani) terkait dengan budidaya tanaman, pengolahan limbah pertanian untuk menciptakan sarana produksi pertanian pada saat kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata), melalui pembuatan demoplot dan praktek langsung yang diikuti warga di sekitar lokasi KKN. Kegiatan ini bertujuan untuk transfer dan aplikasi teknologi serta membantu memperbaiki pola penanaman, sehingga diharapkan dapat meningkatkan produksi tanaman.
11.  PS. Agroteknologi mendorong dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti program kreativitas mahasiswa (PKM) dengan platform pada pengembangan dan aplikasi teknologi di bidang Agroteknologi yang tepat guna, berwawasan lingkungan dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Platform tersebut menjadi landasan bagi civitas akademika PS. Agroteknologi UNITRI dalam pelaksanaan Tridharma Perguruaan Tinggi.
12.  PS. Agroteknologi sejak tiga tahun terakhir juga mengembangkan wirausaha yang berorientasi kerakyatan melalui program kemitraan dengan beberapa petani dan pengusaha pertanian sebagai stakeholder-nya. Pengembangan kemitraan usaha ini merupakan bagian dari upaya pengembangan wirausaha; pelestarian dan pengembangan pertanian yang berkelanjutan serta menjadi media perluasan jejaring bisnis dan kelompok mitra. Pada program ini mahasiswa PS. Agroteknologi dilibatkan sebagai bagian dari program kompetensi mahasiswa yang menjadi prasyarat sebagai lulusan dari PS. Agroteknologi
13.  PS Agroteknologi bersama dengan Fakultas Pertanian melakukan program pendampingan pengentasan kemiskinan di Desa Girimoyo, kabupaten Malang, melalui program budidaya tanaman organic dan pembibitan ternak kambing sebagai bagian dari program kompetensi.

agroekoteknologi unitri

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow SORA on Twitter or read the blog.

0 komentar:

Special offer

Contact us